Empuk banget ... Inilah Alternatif Shock Belakang Jupiter MX

 Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX Lama sudah bisa dikategorikan sebagai motor jadul, usianya sudah di atas 10 tahun bahkan ada yang sudah 15 tahun.

Tak heran jika banyak spare part dan komponen yang sudah harus diganti.

harga shockbreaker belakang jupiter mx 135 original

Kali ini saya akan menulis proses penggantian shock breaker belakang MX kepunyaan saya.

Sebelumnya, saya mengakali dengan menambah peninggi shock agar shock tidak mentok saat dikendarai, terutama saat berkendara dengan berboncengan.

Sebenarnya meninggikan shock ini lumayan memberi solusi sejauh yang saya alami, memang resikonya harus melakukan beberapa perubahan seperti menambah besi untuk standar tengah dan samping agar motor bisa distandarkan dengan sempurna, juga mengganti ganjalan standar tengah dengan menyesuaikan kondisi standar yang sudah ditambah besi panjangnya.

Dari sisi berkendara, motor jadi terlihat tinggi sekali pada body belakang dibandingkan body depan, sehingga otomatis motor jadi nungging, resikonya shock jupiter mx depan mendapat beban lebih, dan disini harus rajin-rajin cek minyak dan kondisi tabung shocknya.

rekomendasi shockbreaker jupiter mx

Setelah ada dana, akhirnya saya mencari-cari referensi shock belakang jupiter MX old. Saya mulai hunting harga shockbreaker belakang jupiter mx 135 original, kemudian saya cari-cari info shockbreaker motor lain yang bisa plug and play (PnP) ke motor MX saya, tak lupa pula saya juga mencari informasi untuk shock aftermarket nya.

Beberapa pertimbangan ketika saya akan mengganti monoshock belakang jupiter MX saya adalah saya ingin tinggi monoshock jupiter mx lebih tinggi dari aslinya otomatis panjang monoshock lebih panjang dari orinya.

Hal ini karena standar samping dan tengah saya sudah disambung sehingga kalau saya menggunakan shock aslinya, maka akan jomplang banget, kemudian saya juga sudah terbiasa dengan posisi nungging, ya seperti pepatah ala bisa karena biasa.

Pertimbangan selanjutnya, harganya tidak berbeda jauh dari harga shockbreaker belakang jupiter mx 135 original, disini saya memberi toleransi lebih mahal tidak mengapa tapi jangan terlampau jauh selisihnya.


Saatnya mengumpulkan data dan referensi, pertama kita harus tahu ukuran panjang monoshock jupiter mx. Karena saya bukan mekanik, saya hanya pengendara motor biasa, maka saya tidak mengukurnya dengan alat ukur berapa panjangnya, namun ini saya jadikan pertanyaan wajib saat membeli monoshock nanti, apakah ukurannya lebih pendek, sama atau lebih panjang dari ukuran aslinya.

Saya mulai berselancar di marketplace untuk melihat-lihat harga shock jupiter mx. Untuk monoshock mx 135 kisaran harganya 350 ribuan, berarti saya bisa beli shock motor lain yang bisa pnp dan kriterianya seperti yang saya uraikan sebelumnya.

Dan akhirnya pilihan saya jatuh ke monoshock jupiter mx king dengan pertimbangan panjang shock belakang jupiter mx king lebih panjang dari mx lama, pas sesuai yang saya harapkan.

Motor lebih tinggi tanpa peninggi shock, dan kualitas juga original Yamaha. Pertimbangan ke dua, ada banyak pilihan warna, jadi shock kita tidak hitam melulu, kebetulan waktu saya beli yang ready warna kuning, ya lumayan lah karena saya maunya antara kuning atau merah.


Setelah bertanya-tanya ke penjual akhirnya saya beli juga shock belakang mx king, penjualnya juga mengatakan kalau pemasangan pnp atau plek plek plek tanpa ada rubahan sedikitpun. Yess.... pas banget nih

Dan yang pasti ukuran panjang monoshock jupiter mx king lebih panjgan dari ukuran panjang monoshock jupiter mx lama, jadi nunggingnya tetep dapet


Saya beli online, lokasi seller di Bandung, tapi cuma 1 hari untuk sampai ke Jakarta, padahal gratis ongkir lho. Dan harganya sendiri tidak jauh berbeda dengan harga shockbreaker belakang jupiter mx 135 original, sekitar 400 sekian lah, kalau tidak salah 435,000 rupiah, masih dalam budget saya


Proses Pemasangan shock belakang jupiter mx king di jupiter mx lama

Hari minggu pagi, saya datang ke bengkel langganan, bengkelnya pun belum buka, padahal saya berangkat udah siang. Saya tanya ke ruko sebelahnya apakah bengkelnya buka, dan dijawab biasanya bukanya siang.

Dan benar saja, sekitar jam 10 lewat pemilik bengkel baru datang.


Setelah ngomong maksud dan tujuan dari kedatangan serta keinginan saya ke bengkel tersebut, heheheh lengkap banget ya

Lanjut .... Tak pakai lama, proses penggantian monoshock pun dimulai dan  tidak lah terlalu lama proses pemasangannya karena cuma melepas shock lama dan menggantinya dengan yang baru, plek plek plek, pnp tidak ada yang perlu dimodif atau ditambah.


Taraaaaa....

Akhirnya monoshock MX king terpasang di MX lama saya

dari sisi empuknya, jauh shock ini lebih empuk dari aslinya mx lama

saking empuknya saya berani hajar polisi tidur kecil dan kalau buat jalan keriting ga berasa, empuk banget deh pokoknya


Jadi pada kesimpulan menurut saya, jika mencari rekomendasi shockbreaker jupiter mx bisa menggunakan shock mx king sebagai Alternatif Shock Belakang Jupiter MX

Dijamin tampil beda


Sanggahan : Gambar hanya ilustrasi dan diambil dari google

0 Response to "Empuk banget ... Inilah Alternatif Shock Belakang Jupiter MX"

Post a Comment