Ban Tubeless Anda Sering Kempes, Ini dia Solusinya

Solusi Ampuh Ban Tubeless Bocor Halus - Sudah seminggu lebih ban tubeless motor saya yang depan selalu kempes kalau pagi hari. Sebelum berangkat kerja, pagi harinya saya pompa dulu. Kalau beruntung, besuk pagi baru angin minta tambah lagi, tapi kalau lagi apes, kadang pulang ngantor ban sudah kempes.

Sudah beberapa kali mampir ke tukang tambal ban, dan hasil pengecekan selalu nihil, mereka menyimpulkan tidak ada yang bocor. Kalau saya tanya, kok bisa bang, tadi pagi sudah dipompa kok sore atau besuk paginya sudah bocor lagi? Mereka menjawab lain-lain. Ada yang bilang ban tubeless harus mempunyai tekanan angin yang kencang, tidak boleh terlalu kempes karena akan mengakibatkan ban tambah kempes, ada juga yang menyebutnya bocor halus. Dan memang kondisi ban tubeless saya masih bagus. Kembangnya masih gondrong karena memang termasuk ban baru.
ban tubeless bocor halus

Sudah coba pula bertanya ke teman-teman yang lain, tapi mereka hanya menyimpulkan kalau itu bocor alus, namun sampai saat ini belum / tidak ada solusi. Solusi sementara adalah tiap pagi hari selalu mompa ban, kebetulan di rumah ada pompa tangan untuk sepeda anak saya. Namun solusi ini sangat tidak efektif, terutama jika waktu ngantor sudah mepet, atau kesiangan atau lupa tidak nambah angin, alhasil sorenya pasti  dah kepes dan pulang ngantor harus cari tukang tambal ban untuk tambah angin.

Namun Alhamdulillah, Alloh memberikan solusi lewat tukang tambal ban tubeless di pinggir jalan antara Pasar Jum'at arahh Ciputat. Ceritanya waktu itu pulang kerja hari jum'at, saya lupa nambah angin pagi harinya, sore hari ban kempes. Padahal tiap jum'at sore saya harus boncengin temen saya yang pulang ke garut, nebeng sampai lampu merah pasar jum'at.
Baca Juga : Solusi Ampuh, Body Motor Bunyi Berisik
Saya ijin dulu ke temen untuk menunggu di depan kantor karena saya harus mompa ban ke tukang tambal ban langganan. Tapi memang Alloh berkehendak lain, langganan saya nambah angin ini tutup. Akhirnya saya paksakan jalan dengan kondisi ban kempes, boncengan lagi. Saya jalan pelan sambil liat-liat kiri kanan ada tukang tambal ban atau tidak.

Sampai temen saya turun di lampu merah perempatan pasar jum'at, saya tidak menemukan tukang tambal ban. Akhirnya saya lanjutkan mencari tukang tambal ban arah pulang. Saya jalan pelan di kiri jalan. Seingat saya, dekat jembatan ada tapi kali ini dia tutup juga, namun ada tukang tambal ban baru tidak jauh dari lokasi itu.

Akhirnya saya mampir lah ke situ, kondisi lumayan ramai. Ada tiga temennya yang nongkrong disitu sambil dengerin musik di handphone. Langusng saja setelah motor Jupiter MX saya parkir, saya bilang kalau ban bocor bang, tolong dicek. Seperti tukang tambal ban sebelum-sebelumnya, Abang yang satu ini pun gagal menemukan ban tubeless saya yang bocor.

Akhirnya saya bilang, ya udah bang kalau tidak ketemu ga papa. Berapa semuanya? Lima ribu saja kata Abang tukang tambal ban. Tapi sepertinya dia masih penasaran, dia nanya "Emang bocornya dari kapan?" Saya jawab kalau bocornya baru saja, pagi tadi saya berangkat masih belum kempes, tapi tadi sore pas ambil motor di parkiran ban kempes. Dan ini sudah sering terjadi, ga cuma kali ini saja.

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes


"Oh, itu mah bocor alus" kata Abang tukang tambal ban, sebentar saya cek lagi. Dia pun cek ulang dengan memberi air sabun ke ban depan motor saya. Kalau bocor alus, biasanya keluar dari pinggir-pinggir velg yang nempel ke ban, katanya. Dan si Abang tukang tambal ban pun fokus mencari angin yang keluar dari sela-sela velg. Dan benar saja, ada gelembung-gelembung sangat kecil yang keluar dari pinggir velg terserbut. Sangat kecil bahkan kalau si Abang tidak bilang itu titik bocornya, saya ga tahu, karena bagi saya itu sama seperti titik-titik busa sabun yang digunakan untuk mengecek kebocoran ban tubeless saya.

Akhirnya ban motor saya dikempesin sampai habis, kemudian sela-sela velg dan ban dibersihkan dari kotoran. "Ini biasanya kotor, ada pasir halus atau jamur yang nyelip disini, kalau di tukang tambal ban lain disuruh ganti ban motor nih" kata Abangnya. Setelah rapi dibersihkan, kemudian ban tubeless saya dipompa dengan ukuran kira-kira karena tidak ada alat ukur tekanan ban.

Saya sangat senang sekali, mudah-mudahan saja masalah saya selesai dan inilah solusinya. Setelah rapi, saya tanya ke abang tukang tambal ban, "Jadi berapa semua Bang?", abang tukang tambal ban pun menjawab "Goceng saja". "Jangan gitulah, berapa semuanya?" saya memastikan, tapi abangnya tetep bilang kalau biaya tambal ban tubeless saya Rp 5.000,-. Karena merasa puas dan senang dengan kinerja tukang tambal ban ini, saya pun memberinya Rp. 10.000,- dan si abang mau mengembalikan Rp. 5.000,-. Saya bilang, "Ga usah kembali Bang, makasih banyak nih dan nemuin bocornya, mudah-mudahan aman" kata saya.

Dan alhamdulillah, hari ini, hari selasa ban saya masih aman. 3 Hari semenjak dibersihin kotorannya sama abang tukang tambal ban, angin di ban depan jupiter MX saya masih ada.

Nah itulah cerita saya tentang ban tubeless yang sering kempes atau bocor alus, bagi teman-teman yang mengalami hal yang sama, tidak ada salahnya mencoba. Jika tidak ditemukan ban bocor kena paku atau apa, tapi tekanan angin di ban selalu berkurang, silakan dicoba tips ini. Bisa dikerjakan sendiri di rumah, bersihkan pinggir-pinggir velg yang nempel ke ban, bersihkan pula pinggir ban yang nempel ke velg. Untuk yang di velg, lebih bagus jika diamplas dengan amplas halus.

Namun jika tidak mau ribet, bisa ke tukang tambal ban, minta tolong dibersihkan pinggiran velg nya. Agar hasil lebih maksimal, oleskan oli di sekeliling pinggiran velg dan pinggiran ban yang nempel ke velg. Mudah-mudahan tips ini memberi solusi bagi Anda yang senasib dengan saya, mengalami ban tubeless yang bocor alus


0 Response to "Ban Tubeless Anda Sering Kempes, Ini dia Solusinya"

Post a Comment