Cara Mudah Gesek Nomor Rangka dan Mesin Mobil

Tip Gesek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Mobil Sendiri - Bagi pemilik kendaraan bermotor, setiap 5 tahun sekali akan melakukan proses gesek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan (motor atau mobil) mereka. Hal ini terkait dengan penggantian plat nomor kendaraan secara periodik 5 tahun sekali, dan salah satu syaratnya harus ada bukti fisik nomor rangka dan nomor mesin. Pemilik kendaraan bermotor yang membeli kendaraan second / bekas, juga harus melakukan proses ini untuk kepentingan balik nama dari nama pemilik lama ke nama pemilik baru.
Untuk jenis kendaraan roda dua atau motor, proses gesek nomor rangka dan nomor mesin ini relatif mudah, bisa dilakukan sendiri karena letak nomor rangka dan nomor mesin sangat mudah dijangkau. Namun untuk kendaraan roda empat atau mobil, proses ini bisa sangat sulit karena letak nomor mesin yang sulit dijangkau.

Tapi tahukan Anda bahwa ada cara yang sangat mudah untuk proses gesek nomor rangka dan nomor mesin mobil Anda?
Berikut ini saya akan sharing dan berbagi pengalaman saya melakukan gesek nomor mesin dan nomor rangka mobil saya.

gesek nomer rangka mesin

Bulan ini, saya harus melakukan proses balik nama bpkb mobil, ya saya beli mobil seken setahun yang lalu, dan karena saya tidak kenal dengan pemilik mobil yang lama, maka saya tidak bisa pinjam KTP, jadi mau tidak mau saya harus balik nama.

Cara Gesek Nomor Mesin dan Nomor Rangka Pada Kendaraan


Baca Juga : Motor Susah Distarter? Cari Tahu Solusinya di sini
Ada banyak tahapan proses balik nama bpkb mobil, tapi saya hanya fokus pada cara gesek no mesin dan rangka. Setelah menguraikan cara dan proses gesek noka nosin (nomor rangka nomor mesin) ini, mudah-mudahan dikesempatan lain saya bisa menuliskan secara lengkap proses mutasi dan balik nama kendaraan bermotor, kebetulan mobil saya lintas provinsi.

Setelah tanya sana sini, cari di internet tentang letak nomor rangka dan nomor mesin untuk mobil saya, akhirnya diketahui bahwa nomor rangka ada di atas ban kanan belakang, dan ternyata gampang banget, tinggal jongkok langsung kelihatan nomor rangkanya.
Baca juga : Solusi ampuh body motor bunyi berisik
Tidak demikian dengan nomor mesin, meskipun saya tahu dimana posisi nomor mesin mobil saya, tapi sangat sulit sekali untuk menjangkaunya. Saya lihat video di Youtube, proses gesek nomor mesin dilakukan dari atas mesin, kap mesin dibuka dan tangan menggapai posisi nomor mesin, tapi ketika saya praktekkan, sangat sulit, sudutnya sempit dan saya tidak yakin yang saya pegang itu nomor mesin atau nomor part yang lain.

Ban Tubeless sering kempes, ini solusinya

Terlintas di benak saya, kenapa saya tidak mendongkrak mobil agar bisa melihat nomor mesin dari bawah? Tapi sebelum melakukan itu, saya berkonsultasi dengan bengkel spesialis mobil saya, yang memang khusus menjual mobil tipe yang sama dengan mobil saya. Akhirnya rencana saya inipun tidak saya laksanakan karena menurut bengkel tersebut, dari kolong mobil tidak akan kelihatan karena tertutup saluran knalpot. Saya tidak putus asa, berhari-hari setelah pulang kerja, saya coba menggapai nomor mesin sesuai video yang ada di Youtube, tapi semuanya tidak membuahkan hasil.

Akhirnya atas saran seorang teman yang biasa mengurus pajak kendaraan, saya disarankan untuk membawa mobil saya ke samsat terdekat. Kebetulan rumah saya dekat dengan samsat, sekitar 5 sampai 10 menitan dari rumah saya. Singkat cerita, sampailah saya di samsat dekat rumah, dan setelah diarahkan untuk parkir, saya katakan bahwa saya akan melakukan cek fisik dan oleh tukang parkir, langsung diarahkan ke belakang, lokasi cek fisik kendaraan.

Setelah melakukan proses pendaftaran, saya mendapatkan kertas untuk cek fisik dan form tentang data kendaraan. Ada beberapa mobil produksi jepang yang juga melakukan cek fisik, dan semuanya simple-simple, hanya buka kap mesin, esek-esek dan selesai. Gampang banget.

Khusus untuk tipe mobil saya, karena lokasi nomor mesin yang susah dijangkau, saya harus membawa mobil saya naik ke tanjakan yang terbuat dari besi, lumayan tinggi tanjakannya. Setelah mobil terparkir di tanjakan, akhirnya petugas cek fisik melakukan tugasnya, dan kata dia, mobil tipe ini memang agak ribet proses geseknya.

Setelah petugas cek fisik selesai melakukan gesek nomor rangka dan nomor mesin, bukti cek fisik dan form data kendaraan kita kembalikan ke loket pendaftaran cek fisik lagi. Tak lama menunggu, saya dipanggil dan form sudah terisi komplit pakai cetakan komputer.

O iya, biaya gesek mesin mobil dan rangka mobil yang dikeluarkan untuk bantuan cek fisik sebesar Rp 30.000,00 tanpa kuitansi

0 Response to "Cara Mudah Gesek Nomor Rangka dan Mesin Mobil"

Post a Comment