Nomor resi pengiriman di shopee tidak dikenal? Ikuti langkah ini

Bagi penjual online yang berjualan di shopee, pasti pernah mengalami kejadian dimana ketika memasukkan nomor resi pengiriman, namun resi tidak dikenal dan dianggap tidak valid oleh sistem shopee.

Hal ini biasa terjadi ketika moment puncak belanja online seperti harbolnas, bulan puasa atau saat menjelang dan setelah lebaran dan tahun baru. Bisa juga terjadi setelah adanya update aplikasi oleh pihak shopee yang mungkin lolos dari test QA (Quality Assurance).

shopee error input resi pengiriman

Sebagai penjual, tentu akan sangat merepotkan jika mengalami hal seperti ini, bagaimana tidak, barang sudah dikirim melalui ekspedisi kurir yang dipilih pembeli, dan kita sebagai penjual juga sudah membayar di muka sejumlah ongkos kirim namun ketika nomor resi pengiriman diinput ke sistem shopee, nomor resi dianggap invalid.

Ada juga kejadian dimana kita berhasil memasukkan nomor resi pengiriman ke sistem shopee, namun sistem shopee sangat lambat untuk melakukan validasi dan bahkan yang terparah, kita dianggap tidak mengirimkan barang karena batas waktu pengiriman sudah lewat sementara nomor resi yang kita input belum divalidasi oleh sistem shopee.

Dari beberapa marketplace yang ada di Indonesia, memang sistem shopee ini memiliki kekurang khususnya dalam hal validasi nomor resi pengiriman.
Tokopedia atau Bukalapak misalnya, jauh lebih cepat dalam melakukan validasi nomor resi pengiriman, tentunya nomor resi pengiriman yang valid, yang terdaftar di kurir ekspedisi.
Bahkan pengalaman saya, belum pernah menemukan nomor resi invalid atau tidak terdeteksi oleh sistem Tokopedia dan Bukalapak.

Lain halnya dengan shopee, ketika input nomor resi, itu seperti kita sedang menunggu hasil pengumuman kelulusan, hati berdebar-debar karena sekali muncul pesan error, misalnya "Error, Silakan coba lagi." itu berapa kali dicoba pun tetap error, bahkan dengan berpindah dari handphone ke komputer atau laptop, akan muncul pesan yang sama.

Terkadang nomor resi yang kita input memang berhasil dan diterima oleh sistem shopee, namun itu hanya temporary atau sementara, sebelum nomor resi benar-benar dianggap valid.
Dan tahukan berapa lama nomor resi tersebut divalidasi, bisa 24 jam lebih. Wow... sungguh waktu yang sangat fantastis untuk sekedar melakukan validasi resi pengiriman.

Pernah kejadian juga sampai 48 jam baru nomor resi valid dan berpindah dari tab diproses ke tab dikirim. Benar-benar 48 jam sesuai FAQ yang ada di shopee

Akibat dari kelemahan sistem shopee dalam hal validasi nomor resi pengiriman, sudah pasti yang paling dirugikan adalah penjual.
Penjual akan dicecar pertanyaan oleh pembeli, kapan barang dikirim.
Jika pembeli yang faham, kita kasih nomor resi maka akan melakukan pengecekan ke website resmi kurir ekspedisi yang dipilih, namun bagi pembeli yang awam dan tidak sabaran, akan ngotot bahwa barang belum dikirim karena statusnya masih dikemas.

Pernah juga kejadian, waktu itu moment lebaran, barang sudah sampai ke pembeli namun statusnya masih dikemas. Bahkan pembeli sampai chat "Kak, Barang sudah sampai, saya mau konfirmasi dan kasih bintang 5 tapi tidak bisa, statusnya masih dikemas".

Alamak.... mau nangis rasanya karena kalau sampai batas waktu pengiriman lewat, uang akan kembali ke pembeli meskipun kita sudah mengirimkan barang. Dan si shopee juga akan lepas tangan dan mengarahkan agar diselesaikan secara personal antara penjual dan pembeli.

Itu kerugian penjual dari sisi materi, ada lagi kerugian penjual terkait performa tokonya. Toko akan mendapat penilaian negatif karena dianggap terlambat atau tidak mengirimkan pesanan. Dan jika melewati persentase tertentu, tiap toko berbeda berdasarkan jumlah penjualan, maka toko akan mendapat point pinalty.

Dengan adanya point pinalty, toko akan mengalami dampak susah ditemukan pelanggan, susah nangkring di peringkat pertama pencarian, tidak bisa mengikuti program ini itu yang diadakan shopee dan bahkan yang parah bisa berakibat penutupan akun.

Resi ditolak kita bertindak

Lantas apa yang harus kita lakukan jika nomor resi pengiriman yang kita input ditolak oleh sistem shopee?

Sebenarnya di pusat bantuan shopee sudah ada FAQ bagaimana jika nomor resi kita tidak dikenal, baik error ketika kita melakukan input nomor resi pengiriman, maupun berhasil melakukan input resi pengiriman namun proses validasi yang sangat lama.

Standar solusi yang disampaikan customer shopee adalah silakan coba lagi satu jam kemudian ya kak, silakan dicoba di perangkat yang berbeda, silakan bersihkan cache, mohon ditunggu bla.. bla.. bla.. team kami akan dengan senang hati membantu.

Terkesan manis memang namun yang dibutuhkan bukan janji manis namun solusi nyata.
Nah dari pengalaman pribadi dan komunitas penjual di shopee, yang perlu dilakukan ketika menemukan kendala dalam memasukkan nomor resi pengiriman di shopee adalah:
1. Ketika input nomor resi langsung muncul pesan error dari sistem, maka sebaiknya Anda stop dulu. Jangan dilanjutkan khusus untuk pesanan itu, lanjutkan dengan memasukkan nomor pengiriman di pesanan yang lain jika ada.
Pengalaman saya ketika menemui pesan error dan terus mencoba memasukkan nomor resi, berakhir dengan tidak dianggap mengirimkan barang, dan uang dikembalikan ke pembeli, Yo wis lah, anggap saja sedekah.
2. Bersihkan cache di browser atau kalau dari aplikasi shopee yang diinstall di handphone, pilih menu Beli->Pengaturan Akun->Bersihkan Chace
3. Setelah 1 jam jeda dari input resi error, silakan lakukan untuk input nomor resi lagi. Pastikan koneksi internet Anda stabil, karena seperti saya sampaikan di atas, input resi shopee ini hal yang paling riskan di aplikasi shopee. Koneksi internet yang tidak stabil, bisa mengakibatkan invalid resi kembali.
4. Jika nomor resi berhasil diinput namun masih sementara/temporary dan belum berpindah ke tab dikirim, mohon sabar menunggu. Jika menggunakan aplikasi shopee di HP, pastikan Anda mendapatkan sinyal yang kuat dan stabil karena kita tidak tahu, kapan sistem shopee memindahkan data local kita ke server. Lebih disarankan ketika input nomor resi pengiriman di shopee menggunakan komputer atau laptop karena otomatis data tersimpan di server shopee dan berdasarkan pengalaman, memang validasi nomor resi yang diinput dari PC / komputer / Laptop lebih cepat tervalidasi dan pindah ke tab dikirim dibandingkan dengan input resi dari aplikasi shopee di HP.
5. Jika sampai muncul notifikasi "Pengiriman dikonfirmasi" atau notifikasi lain yang intinya memberitahu penjual untuk memasukkan nomor resi, segera hubungi CS shopee untuk mendapatkan bantuan

Langkah nomor 5 adalah langkah pamungkas yang harus kita lakukan manakala terkendala dalam input resi di shopee. Meskipun pengalaman saya sebagai penjual di shopee, belum pernah solve jika menghubungi cs shopee, namun beberapa teman di komunitas berhasil dan tidak ada salahnya dicoba.

Mungkin langkah-langkah yang saya uraikan di atas bisa menjadi solusi atau juga bukan, tapi saya selalu mempraktekkan hal tersebut, dan hanya beberapa yang harus sampai ke cs shopee, namun belakangan saya sendiri sudah mengikhlaskan jika sampai batas waktu pengiriman nomor resi masih belum dikenal, saya niatkan sedekah saja karena selama menghubungi cs shopee tidak ada mempengaruhi apapun dan pesanan tetap dianggap tidak dikirim

0 Response to "Nomor resi pengiriman di shopee tidak dikenal? Ikuti langkah ini"

Post a Comment