Solusi Ampuh Body Motor Bunyi Berisik Jika Lewat Jalan Berlubang

Cara mengatasi body motor bunyi berisik ketika melewati jalan keriting - Memiliki motor lama memang tak seindah motor baru, maklum karena faktor usia yang sudah lama jadi mulai banyak timbul masalah jika kita tidak pintar-pintar dan rajin merawatnya.

Mulai dari fungsi-fungsi komponen yang pasti mengalami penurunan misalnya kualitas kabel body yang tidak semaksimal kabel baru dalam menghantarkan arus listrik, bahkan body motor yang super berisik jika melewati jalan keriting. Yah wajar saja karena motor yang lama karet-karet penahan body mulai getas dan tidak sefleksibel seperti ketika kondisi baru.

Dan juga karena buka tutup body motor yang dilakukan pihak lain, dalam hal ini mekanik bengkel yang kadang kurang teliti sehingga ketika memasang posisinya tidak rapat dan tidak pas, pemasangan baut body yang kurang kencang atau malah baut body yang lepas baik lupa memasangnya kembali maupun karena jatuh karena getaran mesin, atau bahkan pengait body yang patah.
Baca Juga : Cara menggesek sendiri nomor rangka dan nomor mesin
Meskipun memiliki kendaraan lawas, tapi kalau dirawat tentu membuat sang pemilik bangga mengendarainya, malah timbul rasa percaya diri jika secara kualitas lebih terawat dari motor keluaran baru. Tapi alangkah bete nya jika motor yang kita kendarai mengeluarkan bunyi seperti bunyi gerobak ketika saat melintas dijalan yang tidak rata.

Solusi Ampuh Body Motor Bunyi Berisik Jika Lewat Jalan Berlubang

Nah kali ini saya akan berbagi pengalaman saya, yaitu pengalaman yang malu-maluin karena body motor sangat berisik bunyinya saat melewati jalanan yang tidak rata seperti jalanan konblok atau aspal yang banyak lubangnya. Setelah saya berbagi pengalaman buruk tentang suara berisik body motor, ga adil dong kalau saya tidak berbagi solusinya juga.

Solusi ini adalah solusi kesekian kalinya yang saya coba untuk menghilangkan suara berisik body motor saya. Dan karena berhasil saya terapkan, dan body motor saya jadi sunyi senyap meski jalanan jelek sekalipun. Langsung saja ya, kita simak bareng-barng

Langkah-langkah persiapan untuk mengatasi body motor yang bunyi berisik



Analisa masalah
Gila ini bahasanya udah kayak anak kuliah aja, hahaahah tapi bener. Yang pertama harus dilakukan adalah menganalisa dari mana sumber bunyi berisiknya, apakah di bagian depan, samping atau belakang. Tentu kamu sebagai yang punya motor lebih faham lah dimana sumber bunyinya, kecuali kamu tipikal orang yang asal pakai, tidak perduli dengan kondisi barang. Padahal barang itu sudah berjasa banyak loh buat kita, so sebaiknya kita memperlakukannya seperti makluk hidup. Sebagai contoh untuk analisa atas motor kesayangan saya si jupe (Jupiter MX) bunyi berisik berasal dari bagian depan, mulai dari spakbor ke atas sampai sepedo.

Anehnya ketika bunyi berisik sedang berlangsung, saya coba pegang mika headlamp tidak goyang-goyang, saya coba pegang kaca speedometer juga tidak goyang. Artinya speedometer dan headlamp terpasang kuat dan tidak goyang, tapi nyata bunyi berisik itu selalu muncul di jalan yang keriting. Bahkan untuk menemukan sumber penyebabnya, saya sempat melepas spakbor untuk periode satu minggu, memang sedikit berkurang tapi masih termasuk sangat berisik, artinya spakbor bukan penyebab utamanya, tapi memang saya lihat spakbor bagian kiri kanan dekat dengan baut terlihat retak.

Akhirnya saya menemukan sumber masalah penyebab body motor berisik, kasus yang saya alami adalah ada besi pengait untuk handle kopling yang longgar, padahal kondisi baut sudah mentok. Artinya besi pengait itu terlalu besar untuk setang, atau lingkaran setang motor tidak pas dengan besi pengaitnya. Kok bisa? Yah jangan tanya dah, namanya motor sudah 11 tahun. Oh iya, umumnya bunyi berisik itu karena baut tidak terpasang, baut kendor, pengait hilang untuk yang model kaitan atau body patah terutama ditempat-tempat lubang baut.
Memperbaiki Body Motor yang Bunyi Berisik
Nah setelah analisa penyebab bunyi berisiknya sudah ditemukan, sekarang kita masuk ke tahap inti, yaitu tahap perbaikannya. Untuk proses perbaikannya sendiri sebenarnya saya bagi menjadi 2 bagian berdasarkan kasus dan masalahnya
  • Memperbaiki body motor yang berisik karena kondisi body patah termasuk patahnya yang di lubang baut. 
Untuk kasus yang satu ini, saya memperbaikinya dengan 2 cara yaitu dengan kabel tis dan dengan cairan pembuat fiberglass. Tapi mudah-mudahan cara yang ini bisa saya bahas di kesempatan lain.
  • Memperbaiki body motor berisik karena body yang sudah mulai renggang, tidak presisi maupun karena karet body yang sudah mulai getas. Nah ini yang akan kita bahas ya.
Cara memperbaiki body motor berisik karena body yang sudah tidak presisi, tidak rapat dan karena karet yang sudah getas sangat mudah dan yang pasti murah meriah tapi tetep saja anda butuh kesabaran membuka body motor anda kemudian menggunakan sealent untuk memperbaikinya.
Yuk kita mulai, dan siapkan peralatannya ya, yaitu sealent yang bisasa digunakan untuk lem aquarium, lem kaca, lem kanopi polycarbonat.

Setalah body dibuka semua, oleskan tipis untuk setiap pertemuan antar body, tipis saja ya karena kalau tebal nanti titik pertemuan body berubah. Penggunaan sealent ini tujuannya adalah memberi peredam untuk body beradu dengan body yang lain, sehingga tidak timbul bunyi berisik. Bisa juga mengoleskannya pada sela-sela pertemuan antar body, usahakan lem sealent masuk ke lubang rongga pertemuan ya, nanti otomati sealent ini berfungsi sebagai lem sehingga body tidak getar dan tidak menimbulkan bunyi berisik.

Pada proses yang ini, artinya posisi body motor sudah terpasang tapi kita mengisi celah-celah pertemuan body dengan mengisinya dengan sealent. Tenang saja, lem sealent ini aman, walaupun berfungsi sebagai lem, masih bisa dibuka dan tidak merusak body maupun cat motor kok. Nah kalau sudah melakukan proses pengeleman, jangan lupa bersihkan sisa-sisa sealent yang belepotan atau yang melebihi kebutuhan.

Selamat mencoba ya, pegel banget nih ngetiknya, udah ngantuk pula.

Kalau ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, komen aja ya

Terima kasih Oh ya, maaf untuk gambarnya asal comot, nanti saya update dengan foto yang sebenarnya

0 Response to "Solusi Ampuh Body Motor Bunyi Berisik Jika Lewat Jalan Berlubang"

Post a Comment