Penyebab dan Solusi Motor Jupiter MX Susah Distarter

Penyebab dan solusi motor yang susah distarter - Motor merupakan alat transportasi paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Di jaman sekarang malah dikenal pepatah tidak punya motor berarti tidak punya kaki. Hal ini bisa dimaklumi karena motor biasa digunakan untuk mobilitas baik untuk jarah dekat misalnya hanya ke warung depan komplek maupun yang jauh seperti pulang kampung. Hampir semua rumah memiliki motor terutama di kota besar seperti Jakarta, bahkan tak sedikit yang memiliki motor lebih dari satu dalam satu rumah.

Peranan motor yang tidak memerlukan jalan yang lebar menjadi pilihan utama bagi sebagian masyarakat untuk menembus kemacetan kota. Disamping itu harga motor yang relatif terjangkau bagi umumnya masyarakat dan juga menjamurnya kredit motor, semakin menambah jumlah kendaraan roda dua di seluruh pelosok Indonesia.
Ganti Seal Klep Motor Yamaha Jupiter MX

Karena peranannya yang sangat penting serta untuk menunjang transportasi yang murah dengan waktu tempuh yang singkat, maka sudah menjadi keharusan bahwa motor Anda harus sehat. Untuk menjaga motor kesayangan Anda selalu sehat, tentunya Anda harus melakukan perawatan rutin dengan melakukan service di bengkel secara berkala.

Jika motor kurang perawatan atau karena faktor usia dan pemakaian, tentu akan ada komponen motor yang mulai menurun kualitas dan fungsinya. Salah satu adalah starter motor. Sering kali kita mengalami motor susah distarter pagi hari.  jangankan menggunakan electric starter, dengan kick starter atau orang bilang diselah ada juga yang menyebutnya diengkol-pun motor susah nyala.

Tips kali ini akan membahas tentang motor tidak bisa distarter elektrik, terutama kondisi pagi hari atau setelah seharian parkir di kantor atau kampus. Tujuan dari tulisan ini minimal Anda tahu penyebab motor Anda susah dinyalakan, syukur-syukur bisa memperbaikinya sendiri, tapi jika pun tidak, setidaknya Anda tidak akan ditipu oleh bengkel gara-gara hal sepele karena Anda sudah mengetahui penyebabnya bahkan solusinya tapi Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri baik karena peralatan yang kurang komplit maupun waktu yang tidak ada atau alasan lain dan Anda meminta bengkel untuk memperbaikinya.

Tulisan ini saya ambil dari pengalaman saya yang menggunakan motor tua Jupiter MX kopling tahun 2006 tapi tips ini bisa diterapkan di semua jenis motor karena pada prinsipnya sama. Alkisah motor jupiter mx saya ini susah sekali nyala kalau pagi dan juga kalau habis parkir lama. Nah berikut langkah-langkah pengecekan sederhana jika motor susah dinyalakan

Penyebab motor susah distarter



Periksa Kelistrikan Motor

Hal pertama jika motor susah dinyalakan adalah mengecek apakah ada sumber listrik yang mengalir, ini jika menggunakan electric starter untuk menyalakan motor. Cek apakah aki motor Anda masih dalam kondisi yang baik. Idealnya Anda memerlukan multitester untuk memastikan apakah aki Anda masih bagus atau tidak dengan cara mengukur voltase nya. Jika tidak punya multitester atau multimeter, Anda bisa ke toko aki untuk dilakukan pengecekan, bahkan di shop and bike, Anda bisa melakukan pengecekan aki sekaligus komponen yang berhubungan dengan aki seperti kiprok dengan cara gratis.

Letak Aki Motor Jupiter MX

Jika aki masih bagus tapi motor masih susah dihidupkan di pagi hari atau setelah parkir lama, pengecekan berikutnya ke komponen yang bernama busi. Secara sederhana, busi berfungsi memercikkan api dari kepala busi untuk pembakaran. Pengecekan busi sedikit ribet terutama untuk motor-motor model sekarang, kita ambil contoh motor jupiter mx seperti motor saya, untuk membuka busi, harus membuka sayap sebelah kanan, ribet ya, beda banget sama motor-motor jaman dahulu yang businya kelihatan dan bisa dibuka tanpa membuka sayap.

Letak Busi Motor Jupiter MX

Indikasi busi sudah kurang bagus atau sudah mau mati adalah dari kenalpot sering muncul suara tembakan seperti petasan. Mekanik dan pekerja bengkel biasanya bisa melihat busi masih bagus atau tidak hanya dengan melihat bentuknya saja, tapi itu bukan keahlian kita sebagai pengguna motor. Untuk pengetesan yang lebih akurat, bisa menggunakan multitester atau multimeter, tapi umumnya orang melakukan pengecekan busi dengan melepas busi denan posisi kabel busi masih menancap di busi dan motor dihidupkan dengan posisi busi ditempelkan ke logam yaitu ke blok mesin. Dari situ akan terlihat percikan api, jika apinya kecil, sebaiknya busi diganti. Sebenarnya ada solusi sementara agar busi masih bisa dipakai yaitu dengan memainkan jarak kepala busi tapi menurut saya itu hanya untuk kondisi darurat misalnya jauh dari bengkel yang jual busi, lebih baik Anda belikan busi baru demi kenyamanan Anda, toh harga busi paling 20 ribuan.

Peringatan : Untuk pengetesan busi dengan ditempelkan ke blok mesin, harap berhati-hati karena ada aliran listrik yang besar yang bisa mengakibatkan Anda kesetrum jika salah memegang atau jika tangan basah

Sebaiknya untuk pengecekan busi diserahkan ke ahlinya saja. Seperti tujuan di awal, minimal kita tahu penyebabnya, untuk eksekusi bisa diserahkan ke bengkel ahlinya

Setelan Karburator Motor

Letak Karburator Motor Jupiter MX

Poin ini tidak berlaku untuk motor yang sudah injeksi. Untuk motor yang masih menggunakan karburator, bisa jadi penyebab motor Anda susah nyala adalah karena setting karburator yang kurang pas, biasanya settingan terlalu basah sehingga oli membasahi kepala busi dan busi tidak mau memercikkan api. Penyetelan karburator bisa dilakukan sendiri dengan cara memutar baut putaran gas dan baut angin sampai ketemu settingan yang diinginkan. Kesalahan setting karburator bisa berakibat motor susah nyala jika settingan terlalu basah dan juga bisa berakibat konsumsi bahan bakar yang boros.

Saran saya bawalah motor Anda ke bengkel langgaran Anda dan mintalah setting karburator yang Anda inginkan.

Seal Klep Motor Bocor

Penyebab motor susah distarter bisa juga dari seal klep yang sudah bocor. Untuk kasus seal klep bocor, saya sangat merekomendasikan dibawa ke bengkel langganan Anda karena harus bongkar mesin untuk melakukan penggantian seal klep, kecuali Anda faham mesin dan punya peralan untuk membongkarnya. Beberapa gejala jika seal klep motor Anda sudah minta ganti yaitu motor susah langsam. Seletah penyetelan karburator sesuai, beberapa hari kemudian settingan seperti berubah, motor tidak mau langsam, ketika nyala gas normal tapi setelah jalan dan mesin panas, setelan gas terasa terlalu besar. Ciri seal klep motor minta ganti yang lain adalah motor susah distarter baik menggunakan kick starter atau engkol, terlebih lagi dengan tombol starter (electric starter).

Seal Klep Motor Jupiter MX
Untuk kasus yang saya alami yaitu motor susah nyala di pagi hari dan setelah parkir lama ternyata motor saya minta jajan seal klep. Setelah penggantian seal klep, starter motor jadi tokcer, bahkan dua hari tidak dipanasin, ketika libur sabtu minggu, senin dinyalain langsung jreng, tak perlu lagi pakai engkol. Memang untuk penggantian seal klep motor ini lumayan mahal, jupiter mx saya kemarin ongkos jasanya termasuk service besar yaitu Rp 100.000 padahal seal klepnya cuma seharga Rp. 40.000,-.

Oh ya, jika melakukan penggantian seal klep motor, karena ini bongkar mesin, sebaiknya komponen-komponen yang berkaitan dengan mesin sekalian diganti dari pada berkali-kali bongkar pasang akan mahal di ongkos bengkel.

Nah itulah cerita Penyebab dan Solusi Motor Jupiter MX Susah Distarter di pagi hari atau setelah parkir lama yang saya alami, semoga rekan-rekan pembaca blog saya tidak mengalaminya ya, kalaupun mengalami mudah-mudahan sharing saya bisa memberi gambaran dan ada manfaatnya.

Jangan lupa share ya ke facebook atau sosial media yang lain, kelihatannya sepele hanya share tapi jika ada orang lain yang mengambil manfaat dari sesuatu yang Anda share, Insya Alloh Anda dapat pahala 😆

0 Response to "Penyebab dan Solusi Motor Jupiter MX Susah Distarter"

Post a Comment