Solusi Gampang Mengatasi Kanopi Polikarbonat Panas

Solusi Gampang Kanopi Polikarbonat Panas - Jenis kanopi rumah saat ini sangat beragam. Kanopi besi hollow merupakan model kanopi yang pertama, kemudian disempurnakan dengan kanopi besi galvanis dan yang terbaru model baja ringan. Harganyapun beragam dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Kanopi besi hollow adalah kanopi dengan bahan pembuat rangka kanopi terbuat dari besi berbentuk kotak tapi tengahnya bolong, sehingga disebut hollow. Model terbaru dari besi hollow adalah besi jenis galvanis, tentu saja harga besi galvanis per meter lebih mahal dari besi hollow/holo tetapi besi galvanis diklaim lebih bagus karena anti karat dan hampir mirip warnanya dengan baja ringan. Generasi berikutnya dari perkanopian adalah kanopi baja ringan.

Harga canopy baja ringan minimalis bisa dibilang setara atau malah lebih murah dari model galvanis tetapi kelemahannya adalah warnanya standar karena umumnya tidak dicat dan jika hanya menggunakan model 1 lapis terlihat kurang bagus dan kasar karena baja ringan bahan pembuat kanopi hadir dengan model setengah kotak sedangkan jika dibuat 2 lapis sehingga menjadi bentuk full kotak untuk tiap tiang dan rangkanya tentunya akan menjadikan harga bertambah dua kali lipat. Tetapi kelebihan dari canopy baja ringan adalah anti karat, tahan lama, dan tahan rayap.

Solusi Gampang Mengatasi Kanopi Polikarbonat Panas

Dari semua bahan/rangka kanopi di atas memerlukan atap atau penutup kanopi dan kita mengenal macam-macam atap kanopi diantaranya model polikarbonat, baja ringan dan spandek juga alderon. Serupa dengan bahan pembuat kanopi, atap kanopipun memiliki harga beragam dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Penggunaan atap kanopi polikarbonat misalnya, kelebihannya adalah pilihan warnanya yang banyak sehingga bisa dipadukan dengan warna rumah tetapi kelemahannya adalah daya tahannya yang berkisar 3-5 tahun saja, meskipun pihak penjual mengatakan tahan 15 tahun tapi prakteknya saya baru 3 tahun sudah mulai sobek karena panas dan hujan.

Sedangkan baja ringan dan spandek kelebihannya tentu awet dan tahan lama, tidak karatan dan anti rayap. Untuk atap kanopi model alderon, adalah model atap kanopi terbaru dengan kelebihan memadukan antara kelebihan atap polikarbonat dan baja ringan. Pihak penjual dan tukang juga mengklaim bahwa atap kanopi jenis alderon mampu bertahan hingga 15 tahun, bahkan mas tukang bangunan waktu itu demo didepan saya dengan lompat dan meninjak atap alderon dan tidak pecah. Tetapi kelemahannya harganya yang relatif masih mahal. Tetapi jika memang benar kuat selama 15 tahun, saya kira harga kanopi alderon tergolong murah jika dibagi per tahun sampai per bulan.

Baca juga : canopy rumah minimalis terbaru

Beralih ke canopy minimalis dengan model atap polikarbonat, ternyata saya merasakan bahwa kanopi polikarbonat panas banget, terasa panas sekali berada di bawah kanopi carport ini. Mungkin karena saya memilih warnanya bukan gelap, warna kanopi carport saya hijau.

Ketika saya berada dibawahnya, keringat langsung bercucuran, padahal itu masih jam 10 pagi. Dan juga, yang saya baca diinternet tentang kelebihan kanopi polycarbonate adalah memiliki daya serap yang bagus terhadap panas matahari, tapi yang saya rasakan kok kanopi polikarbonat panas, beda sama yang diulas di internet, terasa seperti dibawah matahari langsung.

Solusi Gampang Mengatasi Kanopi Polikarbonat Panas

Nah dari pengalaman saya tentang kanopi polikarbonat panas ini, saya mulai mencari-cari cara agar kanopi carport saya terasa adem, nyaman sehingga betah lama-lama nongkrong di teras. Ide yang sempat terlintas waktu itu adalah dengan menanam tanaman untuk penyejuk namun saya terbentur pada lahan yang ada, teras saya sempit untuk menampung mobil dan motor karenanya alternatif ini sementara saya take out dari list.

Padahal saya sudah browsing dan searching tentang tanaman yang bisa membuat udara sejuk, dan pilihan saya waktu itu jatuh ke anggur, yaitu jenis tanaman merambat yang buahnya manis. Rambatannya bisa diarahkan untuk menutup atap kanopi dan buahnya bisa dinikmati. Opsi yang kedua adalah menggunakan cat kanopi khusus polikarbonat tapi setelah saya menhubungi customer service nya lokasinya ada di surabaya dan minimal pembelian ke jakarta itu sampai sekitar 5 juta rupiah, wow ... itu mah dapat kanopi baru bos.

Akhirnya saya bereksperimen sendiri, berawal dari cat anti bocor saya dengan warna abu-abu yang sudah kelamaan tapi sayang jika dibuang, akhirnya saya coba kuaskan ke atap kanopi polikarbonat saya, saya melakukannya dari atas ya bukan dari bawah.

Dan karena ini hanya eksperimen alias uji coba, saya mengoleskannya sangat tipis sehingga jika dilihat dari bawah masih kelihatan warna hijau dengan sedikit keabu-abuan. Alhasil, ketika hari libur saya duduk di bawah kanopi carport saya, terasa beda.

Sekarang lebih adem dan tidak sepanas dulu. Perlu saya informasikan bahwa saya mengecat dengan mengambil satu baris mendatar paling atas dekat dengan genteng. Bayangan dari sinar matahari yang dihasilkan untuk bagian yang saya cat dengan cat anti bocor ini lebih redup dibanding baris dibawahnya yang tidak saya cat.

Dari pengalaman ini, akhirnya saya lakukan cat ke hampir semua atap kanopi polikarbonat saya, hanya saya sisakan satu baris kotak yang paling bawah dekat dengan pagar karena itu untuk sinar matahari tanaman tercinta saya. Dan memang benar, lebih terasa adem dan sejuk meski jam 12 siang saya berada di bawah kanopi itu. Akhirnya saya putuskan untuk membeli 1 kaleng cat anti bocor lagi dan atap kanopi polikarbonat saya pun saya cat ulang dengan lebih tebal biar lebih adem.

Satu kelemahan mungkin menurut orang, tapi bagi saya sih tidak masalah yaitu jika dilihat warna atap polikarbonat kurang bagus apalagi jika catnya tidak merata tapi menurut saya tidak ada masalah, yang penting warna hijau kesukaan pasangan saya masih tampak dari bawah dan yang pasti atap kanopi carport policarbonate saya lebih adem dan sejuk sekarang.

Nah itulah sedikit cerita saya tentang Solusi Gampang Mengatasi Kanopi Polikarbonat Panas, semoga bermanfaat buat pembaca ya, dan silakan dishare ke yang lain ya, mari kita berbagi dengan yang lain. Mungkin sepele cuma share tapi jika bermanfaat, InsyaAlloh itu ladang pahala buat kita. Oh Iya, sebentar lagi puasa, sekalian minta ma'af lahir batin ya, selamat menunaikan ibadah puasa, semoga puasa kita diterima Alloh SWT, Aamiin


0 Response to "Solusi Gampang Mengatasi Kanopi Polikarbonat Panas"

Post a Comment