Cara Mengganti Genteng Beton yang Pecah

DIY Cara Mengganti Genteng Beton Yang Pecah - Musim hujan telah tiba, dan biasanya setelah kemarau panjang, ada beberapa titik rumah yang bocor karena faktor genteng, baik karena umur genteng yang sudah lama atau juga karena faktor kualitas genteng beton yang kurang bagus, bisa juga karena faktor lain seperti musang yang berkeliaran di atap rumah sehingga menggeser posisi genteng atau malah membuat genteng pecah.

Untuk yang membeli rumah dengan fasilitas KPR seperti saya, biasanya material yang digunakan kurang bagus, termasuk genteng yang merupakan layer pertama yang menahan rumah kita dari panas dan hujan.

Memang jenis genteng bawaan developer terbilang bagus, yaitu genteng beton tapi sangat disayangkan karena genteng betonnya adalah jenis genteng beton dengan kualitas yang kurang bagus.

Genteng beton terbuat dari pasir dan semen ditambah air dan diaduk kemudian dicetak dengan bentuk seperti genteng, untuk kualitas genteng beton yang bagus, ada penambahan serat sehingga beton tidak mudah retak atau patah, tapi untuk genteng beton di rumah saya, sepertinya kurang campuran semen sehingga tampak seperti pasir yang dicetak genteng, dan yang pasti cepat rapuh dan sangat rawan retak atau patah.

Baca Juga : Model Kanopi untuk Rumah Minimalis

Karena materialnya yang kurang bagus, tidak ada cara lain selain menggantinya dengan genteng beton yang baru atau bekas tapi yang masih layak pakai. Jika penggantian dilakukan hanya sebagian, tentunya harus memiliki dimensi yang sama dengan kondisi genteng yang lama.

Cara Mengganti Genteng Beton yang Pecah


Proses penggantian genteng beton memang tak semudah genteng rumah kampung yang terbuat dari tanah liat, genteng beton relatif lebih berat dan kunciannya sangat kuat karena pada bagian atas dan samping diberi adukan atau cor untuk mengunci posisi genteng tersebut agar tidak bergeser.

Awalnya saya juga kesulitan untuk menggantinya, saya berfikir tentu harus membongkar dari ujung yang tidak terkunci (tidak dicor) tapi berapa banyak genteng yang harus dibuka untuk mengganti satu genteng dengan posisi paling jauh dari titik yang kita buka tadi? Karena saya belum tahu tekniknya, solusi sementara saya adalah dengan melakukan penambalan genteng.

Namun setelah saya tahu tekniknya, saya akhirnya melakukan beberapa genteng yang rapuh dan pecah dengan stok genteng beton pengganti yang saya punya. Teknik ini saya peroleh dari tukang yang pasang keramik di teras saya, setelah proses pasang keramik selesai, saya minta tolong untuk mengganti genteng beton yang bocor. Dari cara dia melepas genteng lama dan memasang genteng baru saya amati dan ternyata oh ternyata ... begitu doang to.

Baca Juga : Cara Gampang Mengatasi Kanopi Polycarbonat Yang Panas
Pucuk dicinta ulampun tiba, setelah tukang selesai mengganti tiga genteng yang bocor, hujan deras mengguyur, pas banget buat testing hasil kerja tukang, dan ternyata hasilnya kurang memuaskan. Bocor masih terjadi meski sudah tidak sebanyak sebelum genteng diganti.

Berawal dari sinilah, keesokan harinya pas banget hari libur, jadi pagi-pagi sekali saya langsung naik ke atas genteng dan ternyata pemasangan yang dilakukan oleh tukang kurang pas antara genteng yang satu dengan yang lain. Berbekal hasil pengamatan ketika tukang mengganti genteng kemarin, saya mencoba membongkar genteng tersebut dengan harapan posisinya lebih pas antar sambungan genteng yang satu dengan yang lain.

Cara Mengganti Genteng Beton yang Pecah


Nah bagi anda yang ingin mengganti genteng betonnya sendiri, berikut langkah-langkahnya :
  1. Sediakan dua obeng minus, jika tidak ada dua obeng minus, boleh satu obeng minus dan satunya lagi obeng plus.
  2. Masukkan salah satu obeng minus tadi ke celah genteng yang posisinya di atas gentin yang akan kita ganti.
  3. Pada gagang obeng yang kita masukkan tadi, angkat ke atas sehingga genteng sedikit terbuka. Proses ini sedikit memerlukan tenaga karena kuncian genteng beton sangat kuat.
  4. Masukkan obeng ke-2 pada rongga yang dibuat pada langkah 3. Masukkan sedalam mungkin kemudian angkat gagang obeng ke-2 ke atas. Tujuannya membuat celah yang lebih besar lagi dari tahap sebelumnya.
  5. Masukkan obeng pertama lebih dalam lagi, sampai gagang obeng masuk ke celah genteng, sisakan sedikit untuk pegangan.
  6. Setelah gagang obeng pertama masuk, lepaskan obeng ke-2, nah pada tahap ini gagang obeng digunakan untuk mengganjal genteng di atas genteng yang akan kita lepas.
  7. Pada tahap 6, kuncian genteng beton sudah mulai longgar, masukkan obeng ke-2 pada titik yang lain, sampai kuncian genteng benar-benar terbuka.
  8. Setelah kuncian genteng terbuka, ambil perlahan genteng yang akan dilepas.
  9. Setelah genteng berhasil dilepas, masukkan genteng pengganti, pastikan posisi pengait antar genteng sudah pas pada lubangnya, jika tidak, kemungkinan akan terjadi kebocoran ketika hujan.
  10. Untuk melepas gagang obeng yang terjepit (tahap 6), caranya dengan memasukkan obeng ke-2 dengan kedalaman tidak terlalu dalam, angkat gagang obeng ke-2 ke atas sampai genteng tidak lagi menjepit gagang obeng pertama (obeng pengganjal).


Bagi anda yang tidak mau ribet, tentu akan lebih enak jika langsung panggil tukang, kerja, lalu bayar dan selesai. Beres masalah genteng bocor. Tapi untuk orang macam saya, terkadang saya lebih suka melakukannya sendiri karena lebih puas dibandingkan dengan menyuruh orang lain, keuntungan lainnya adalah lebih hemat karena tidak ada biaya tukang.

Semoga tulisan ini bisa membantu, sehingga kalau ada genteng beton di rumah yang bocor, anda sudah punya ilmu untuk menggantinya sendiri.

0 Response to "Cara Mengganti Genteng Beton yang Pecah"

Post a Comment