Tanaman Zodia Pengusir Nyamuk Alami

Khasiat Tanam Zodia sebagai Obat Nyamuk Alami - Zodia, pertama kali mendengar nama ini lumaan kagum, nama yang bagus, lebih bagus lagi karena zodia merupakan tanaman asli papua, Indonesia (kata abang tukang kembang keliling).
Berawal dari serangan nyamuk yang membabi buta di rumah, akhirnya saya iseng-iseng nyari sesuatu yang bisa mengusir nyamuk.

Banyak alternatif untuk mengusir nyamuk mulai dari yang kimia mulai dalam bentuk semprot maupun oles, bentuk elektronik dengan batree atau listrik sampai yang alami, baik itu dioles atau sekedar didiamkan di lokasi tertentu.
Pilihan saya pun jatuh kepada yang alami, akhirnya saya berburu cara mengusir nyamuk secara alami.

Manfaat Daun Zodia


Untuk mengusir nyamuk secara alami, sebenarnya tidaklah susah. Lihat saja iklan atau baca kemasan obat nyamuk kimia, disitu disebutkan terbuat atau mengandung bahan apa obat tersebut.
Yang populer diantaranya adalah tanaman jenis lavender, bunga geranium atau daun sereh. Jujur saja untuk lavender sendiri saya sudah coba tapi sedikit kesulitan karena tanaman lavender bukan tanaman asli Indonesia.


Tanaman Zodia Pengusir Nyamuk Alami

Ada banyak yang jual online tapi beberapa lavender palsu atau istilahnya false lavender, karena palsu tentu saja tidak ada khasiatnya sama sekali bagi nyamuk, yang mirip hanya bunganya saja, tidak ada aroma atau bau-bau yang bisa mengusir nyamuk.

Daun sereh sebenarnya relatif mudah di dapat, di kampung-kampung, sereh tumbuh liar tetapi ada juga yang dibudidayakan. Kekurangan tanaman sereh menurut saya, kurang bagus untuk jadi tanaman hias, dan juga sisi daunnya sangat tajam jika terkena kulit maka akan menimbulkan luka baret.

Bunga geranium yang katanya bisa mengusir nyamuk juga bisa didapatkan dengan mudah, tapi pengalaman saya waktu kecil menanam bunga geranium, sepertinya tidak ada bau menyengat yang mungkin bisa mengusir nyamuk.

Pilihan terakhir saya peroleh secara tidak sengaja, ketika saya memanggil tukang kembang keliling, menanyakan apakah ada lavender, si abangnya menjawab, susah bos, kalaupun ada harus pesen.
Ada kalau mau zodia. Nah dari abang tukang kembang inilah saya tahu tentang tanaman zodia, mulai dari asalnya yaitu dari papua dan khasiatnya yang konon bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.
Kono penduduk papua akan mengolesi tubuhnya dengan zodia sebelum memasuki hutan, karena di hutan banyak nyamuk dan serangga yang mungkin akan menggigitnya.

Berdasarkan informasi tersebut, saya coba membeli satu pohon zodia, kalau tidak salah seharga Rp. 15.000,- dalam polybag, jadi sudah siap tumbuh, tinggal dibuka polybagnya terus ditempatkan di pot.
Ukuran zodia yang saya beli sudah lumayan tinggi, tidak lama saya tanam sudah berbunga. Saya meletakkannya di dekat pintu rumah, dan benar saja, setiap kesenggol orang lalu lalang, tanaman zodia ini mengeluarkan aroma khas, dan saya sangat menyukai aromanya.
Jangankan kesenggol, tertiup angin saja langsung tercium aroma wanginya.

Untuk membuktikan apakah benar zodia mampu mengusir nyamuk secara alami, saya coba petik beberapa daun kemudia saya remes-remes dan saya oleskan di kaki maupun lengan tangan dan leher.
Kebetulan waktu itu saya lagi ngopi di teras dan lumayan banyak nyamuk yang menemani. Tak pakai lama, setelah dioles daun zodia, nyamuk-nyamuk yang mau menempel ke badan, langsung terbang ngacir.

Semenjak itu, setiap saya lagi nyantai di teras, saya pasti oles zodia jika banyak nyamuk. Dari situ saya yakin memang zodia mampu mengusir nyamuk secara alami.
Tapi sayang, tidak lama zodiaku harus berpindah, karena anak saya diwajibkan mengumpulkan tanaman di sekolahnya, dan satu-satunya tanaman yang saya punya waktu itu adalah zodia maka dengan berat hati akhirnya zodia saya di bawa ke sekolah anak saya.

Setelah tahu manfaat zodia, saya berencana menanam kembali. Saya mulai hunting tanaman zodia. Banyak yang jual di online shop tapi akan terasa mahal karena harga di online shop bisa dua kali lipat harga abang tukang kembang keliling.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, ketika saya sholat maghrib di daerah kampung sawah ciputat, ternyata memiliki taman masjid, dan di dalam taman tersebut tumbuh beberapa zodia yang sudah besar sehingga di bawahnya banyak tumbuh bibit-bibit zodia kecil.

Saya pun mengambil dua tanaman, ukurannya masih sangat kecil dibanding zodia saya yang pertama. Setelah melihat langsung pohon zodia di masjid tadi, setiap jalan naik motor mata saya selalu jelalatan liatin tanaman-tanaman yang tumbuh di taman-taman pinggir jalan.

Dan subhanalloh, ternyata tanaman zodia ini banyak sekali, bahkan di dekat komplek saya juga ada. Ternyata tanaman zodia yang sangat ampuh mengusir nyamuk ini ada di mana-mana.
Dan yang menarik lagi, proses menanam zodia sangat mudah, tidak memerlukan perawatan khusus. Bahkan terakhir saya coba dengan melakukan stek tanaman dan Alhamdulillah berhasil tumbuh.

Dibandingkan dengan lavender dalam hal preoses menanam, zodia jauh jauh sangat gampang, sebagai informasi, saya sudah dua kali menanam lavender dari bibit, bibit lavender saya beli online, tapi semuanya gagal, tak satupun lavender yang tumbuh.

Dari sisi harga, lavender memang jauh lebih mahal. So buat yang suka alami seperti saya, tidak ada salahnya mencoba menanam zodia, dan silakan rasakan sendiri khasiatnya

0 Response to "Tanaman Zodia Pengusir Nyamuk Alami"

Post a Comment